Pengertian Taktik Dan Konsepnya
Pengertian Strategi Dan Konsepnya. Strategi merupakan alat untuk mencapai tujuan, yang mana gosip kritis atau faktor keberhasilan sanggup dibicarakan, serta keputusan strategik bertujuan untuk menciptakan dampak yang besar serta jangka panjang kepada sikap dan keberhasilan.
Strategi pada hakikatnya yaitu perencanaan (planning) dan administrasi (management) untuk mencapai suatu tujuan. Tetapi, untuk mencapai tujuan tersebut, taktik tidak berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menawarkan arah saja, melainkan harus bisa menawarkan bagaimana taktik operasionalnya.
Menurut Chandler (1962:13) Strategi yaitu tujuan jangka panjang dari suatu perusahaan, serta pendayagunaan dan alokasi semua sumber daya yang penting untuk mencapai tujuan tersebut.
Menurut Kenneth R. Andrews, Strategi yaitu suatu proses pengevaluasian kekuatan dan kelemahan perusahaan dibandingkan dengan peluang dan bahaya yang ada dalam lingkungan yang dihadapi dan tetapkan taktik pasar produk yang menyesuaikan kemampuan perusahaan dengan peluang lingkungan.
Menurut Quinn (1990) taktik yaitu contoh atau planning yang mengintegrasikan tujuan, kebijakan dan agresi utama dalam hubungan yang kohesif. Suatu taktik yang baik akan membantu organisasi dalam mengalokasikan sumber daya yang dimiliki dalam bentuk unique berbasis kompetensi internal serta kemampuan mengantisipasi lingkungan.
Menurut David Hunger dan Thomas L. Wheelen, taktik yaitu merupakan serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang memilih kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Manajemen taktik mencakup pengamatan lingkungan, perumusan taktik (perencanaan strategis atau perencanaan jangka panjang). Implementasi taktik dan penilaian serta pengendalian.
Didalam taktik yang baik terdapat koordinasi tim kerja, mempunyai tema, mengidentifikasi faktor pendukung yang sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan gagasan secara rasional, efisien dalam pendanaan dan mempunyai taktik untuk mencapai tujuan secara efektif.
Referensi
Manajemen Bisnis, Rineka Cipta, Jakarta, 2004, hlm. 338-389
Sumber http://seputarpengertian.blogspot.com/
Strategi pada hakikatnya yaitu perencanaan (planning) dan administrasi (management) untuk mencapai suatu tujuan. Tetapi, untuk mencapai tujuan tersebut, taktik tidak berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menawarkan arah saja, melainkan harus bisa menawarkan bagaimana taktik operasionalnya.
Definisi Strategi
Menurut stephanie K. Marrus Strategi merupakan suatu proses penentuan planning para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai suatu penyusunan, cara atau upaya bagaimana semoga tujuan tersebut sanggup dicapaiMenurut Chandler (1962:13) Strategi yaitu tujuan jangka panjang dari suatu perusahaan, serta pendayagunaan dan alokasi semua sumber daya yang penting untuk mencapai tujuan tersebut.
Menurut Kenneth R. Andrews, Strategi yaitu suatu proses pengevaluasian kekuatan dan kelemahan perusahaan dibandingkan dengan peluang dan bahaya yang ada dalam lingkungan yang dihadapi dan tetapkan taktik pasar produk yang menyesuaikan kemampuan perusahaan dengan peluang lingkungan.
Menurut Quinn (1990) taktik yaitu contoh atau planning yang mengintegrasikan tujuan, kebijakan dan agresi utama dalam hubungan yang kohesif. Suatu taktik yang baik akan membantu organisasi dalam mengalokasikan sumber daya yang dimiliki dalam bentuk unique berbasis kompetensi internal serta kemampuan mengantisipasi lingkungan.
Menurut David Hunger dan Thomas L. Wheelen, taktik yaitu merupakan serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang memilih kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Manajemen taktik mencakup pengamatan lingkungan, perumusan taktik (perencanaan strategis atau perencanaan jangka panjang). Implementasi taktik dan penilaian serta pengendalian.
Didalam taktik yang baik terdapat koordinasi tim kerja, mempunyai tema, mengidentifikasi faktor pendukung yang sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan gagasan secara rasional, efisien dalam pendanaan dan mempunyai taktik untuk mencapai tujuan secara efektif.
Konsep Strategi
- Perencanaan untuk semakin memperjelas arah yang ditempuh organisasi secara rasional dalam mewujudkan tujuan-tujuan jangka panjang.
- Acuan yang berkenan dengan penilaian konsistensi ataupun inkonsistensi sikap serta tindakan yang dilakukan oleh organisasi.
- Sudut yang diposisikan oleh organisasi ketika memunculkan aktivitasnya.
- Suatu perspektif yang menyangkut visi yang terintegrasi antara organisasi dengan lingkungannya yang menjadi batas bagi aktivitasnya.
- Rincian langkah taktis organisasi yang berisi informasi untuk mengelabui para pesaing.
Referensi
Manajemen Bisnis, Rineka Cipta, Jakarta, 2004, hlm. 338-389