Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Spoon, Rasakan Menjadi Penyiar Radio Profesional !

Ainuen Nadhifah - Bagi kalian yang bercita-cita menjadi penyiar radio, kini Anda dapat mewujudkannya lewat pinjaman smartphone Anda. Kini kalian dapat menciptakan stasiun radio sendiri semudah menciptakan akun Instagram. Dengan Spoon, keinginan menjadi penyiar radio pun dapat terwujud. Cara menjadi penyiar radio di Spoon sangatlah mudah.

Anda hanya butuh smarthphone, dan sambungan internet. Setelah mempunyai kedua hal di atas, selanjutnya Adalah mengunduh aplikasi Spoon di Playstore maupun App Store.
Sebelum membahas cara menjadi penyiar radio, Anda sepertinya perlu tahu asal muasal aplikasi ini.
 kini Anda dapat mewujudkannya lewat pinjaman smartphone Anda Aplikasi Spoon, Rasakan Menjadi Penyiar Radio Profesional !

Spoon ialah aplikasi siaran radio langsung pertama yang muncul pada tahun 2013 di Korea Selatan sana. Semakin berkembangnya waktu, mereka menyebarkan Spoon ini ke aneka macam dunia menyerupai Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Bersyukurlah alasannya Indonesia jadi salah satu negara aktivis kemunculan aplikasi ini. Sekarang di Playstore, tercatat sudah lebih dari satu juta unduhan. Mari kita kembangkan aplikasi ini dan jangan pernah melupakan teknologi penyiaran ini. 

Meskipun sekarang; vlog, YouTube, program televisi, dan pemyiaran yang menampakkan wajah lebih menarik daripada penyiaran yang hanya menampilkan suara, tapi tetap saja jangan hingga radio hilang dari muka bumi ini. Suara itu indah. Terus pertahankan semoga Radio tetap ada di dunia ini! Dengan Spoon!

Langkah-langkah menjadi penyiar radio di Spoon, berikut kami sajikan untuk Anda.

1. Pertama-tama, daftar dulu dengan memakai akun Facebook, Google atau email dengan domain lain.
 kini Anda dapat mewujudkannya lewat pinjaman smartphone Anda Aplikasi Spoon, Rasakan Menjadi Penyiar Radio Profesional !

2. Setelah proses mendaftar selesai, kalian akan dibawa ke tampilan awal aplikasi Spoon ini. Anda akan dihadapkan oleh beberapa sajian seperti:

  • Live: daerah dimana Anda dapat melihat penyiar mana yang sedang live atau penyiar lagi trending. Di Spoon, istilah untuk penyiar itu disebut sebagai DJ. Di sajian tersebut, Anda dapat dengan bebas menentukan DJ mana yang menjadi favorit Anda. Seperti profil akun Instagram (atau platform lain), kaliam dapat mengikuti kemudian masuk ke room mereka.
  • Cast: kalau di sosial media lain, cast itu dapat menyerupai status kita. Makara beliau ialah konten. Cuma di Spoon yang diupload ialah rekaman suara, maka cast yang Anda temui di sini ialah rekaman bunyi dari DJ-DJ lain. Anda dapat memperlihatkan like dan komentar. Tak jauh beda ketika kita sedang update status di sosial media semacam Facebook dan Instagram. Anda juga dapat menemukan cast yang sedang trending, dan Anda dapat merekam bunyi Anda di sini. Membagikannya dengan orang lain dan didengarkan oleh orang lain.

3. Kalau Anda ingin siaran, yang harus Anda klik ialah ikon 'tambah' di pojok kanan bawah.

4. Setelah Anda klik, nanti muncul pilihan Live, Cast, dan Talk. Klik saja Live.

5. Isi judul live kalian, dapat Anda isi dengan topik yang ingin Anda bahas di live Anda tersebut. Isi juga kalimat sapaan bila ada penonton yang hadir ke room Anda. Dan satu lagi, jikalau Anda ingin menyimpan live Anda tersebut maka klik 'Save As Cast'.
Tambahkan juga foto untuk background Anda nanti. Lalu klik 'start'!!!

6. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman siaran. Kita dikasih maksimal siaran dalam waktu 2 jam. Selama 2 jam itu, silakan Anda berceloteh panjang lebar hingga verbal berbusa.

7. Untuk memutar lagu (backsound), Spoon belum memfasilitasi kita layanan tersebut. Makara kita perlu perangkat lain untuk membantu kita. Dan beliau ialah ... perangkat yang dapat memutarkan lagu. Boleh Smartphone Anda yang lain atau Laptop, atau Anda nyanyi sendiri juga tidak apa-apa.

Mudah bukan cara menjadi penyiar radio di Spoon.  Tidak melulu soal musik, kalian dapat mengupload bunyi kalian dalam bentuk lain menyerupai membaca puisi, cover lagu, ngobrol tidak jelas, pokoknya terserah kalian.

Dan mari para insan penggemar radio! Jangan biarkan radio musnah dari muka bumi ini.
Omong-omong soal radio, saya ialah penggemar berat radio. Saat menulis artikel ini saja Saya sedang memutar radio. :)

Sumber https://www.djanarkos.com/