Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Mengatasi Windows Cannot Be Installed To This Disk Dan Windows Can Only Be Installed Pada Install Windows 7, 8 Dan 10

Error windows cannot be installed to this disk. the selected disk is of the gpt partitio style, windows can only be installed to gpt disks, windows cannot be installed to this disk. the selected disk has an mbr partition table. on efi system pada ketika install windows 7, 8 atau 10, intinya problem ini ada di format sistem tipe hardisk.

Ada dua format tipe disk yaitu GPT dan MBR partisi :
Penjelasan GPT dan MBR

Seperti yang kita ketahui bahwa laptop, netbook, notebook kini sudah mendukung sistem UEFI, dan di rekomendasikan menggunakannya dengan format hardisk tipe GPT.
windows cannot be installed to this disk Solusi mengatasi windows cannot be installed to this disk dan windows can only be installed pada Install windows 7, 8 dan 10
windows cannot be installed to this disk. the selected disk is of the gpt partitio style
indows cannot be installed to this disk. the selected disk has an mbr partition table. on efi system 


Kasus error windows cannot be installed to this disk the selected disk has an gpt partition table style atau windows can only be installed to gpt disks , pada ketika install windows dapat terjadi alasannya yakni file media install windows yaitu flashdisk atau DVD memakai format MBR legacy sedangkan hardisk laptop format tipe GPT.
Dan dapat terjadi sebaliknya yaitu file installasi flashdiak atau DVD memakai UEFI GPT, sedangkan hardisk masih formbat MBR.

Ada 2 solusi yang untuk mengatasi error cara mengatasi windows can only be installed to gpt disks, windows cannot be installed to this disk the selected disk has an gpt partition table, yaitu :

Hardisk GPT, Sistem UEFI

Menetapkan sistem dan format hardisk yang dipilih yaitu memakai GPT UEFI. cara ini sebaiknya dipakai kalau format hardisk sudah memakai format GPT. alasannya yakni kalau hardisk masih format MBR, mengubah ke GPT kita perlu backup data terlebih dahulu seluruh data di hardisk untuk menghindari resiko data hilang. Dan cara ini menjadi solusi mengatasi error windows cannot be installed to this disk tanpa menghapus data.
Kemudian setting di bios, ganti boot mode memakai UEFI, jangan legacy. Dan langkah terakhir buat file Installasi media flashdisk atau DVD format GPT UEFI.

Baca :
Membuat Bootable flashdisk UEFI memakai rufus

Hardisk MBR, Sistem Bios Legacy

Menetapkan sistem dan forrmat hardisk MBR dan BIOS legacy, ini juga cara terbaik untuk hardisk  yang sudah memakai format MBR. Tentu cara ini untuk menghindari resiko backup data dan kehilangan data juga. Setting di bios memakai Boot mode legacy. Dan menciptakan installasi OS windows flashdisk atau DVD dengan MBR legacy.

Baca :
Membuat Bootable flashdisk Legacy memakai rufus

Kesimpulan :
Untuk itu sesuaikan format hardisk yang sudah ada MBR atau GPT, lalu buat file Bootable OS Windows memakai flashdisk atau DVD, sesuaikan dengan sistem hardisk, kalau MBR buat file bootable OS MBR legacy, kalau GPT buat file bootable OS GPT UEFI. Dan jangan lupa setting BIOS Boot mode yang dipilih UEFI atau legacy.

Tapi kalau ingin memakai sistem UEFI, yang direkomendasikan alasannya yakni sistem dan teknologi baru, maka harus merubah format hardisk dari MBR ke GPT, dan jangan lupa backup data terlebih dahulu. Begitupun sebaliknya kalau ingin downgrade dari Sistem Bios Legacy.

Ok, berikut klarifikasi dan solusi terbaik untuk mengatasi error windows cannot be installed to this disk. the selected disk is of the gpt partitio style, windows can only be installed to gpt disks, windows cannot be installed to this disk. the selected disk has an mbr partition table. on efi system pada ketika install windows 7, 8 dan 10.
Terimakasih agar membantu, kalau ada pertanyaan silahkan tinggalkan jejeak di kolom komentar.



Sumber https://fahmiffa.blogspot.com/