Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiga Kitab Mengenai Ziarah Makam Nabi, Karya Sayyid Muhammad Bin Alawi Al-Maliki

Tiga Kitab Tentang Ziarah Makam Nabi, Karya Sayyid Muhammad Bin Alawi al-Maliki Ziarah Makam, sesungguhnya telah tidak banyak dipermasalahkan oleh para ulama. Diantara mereka memang ada yang menyampaikan boleh, dan tidak boleh.


Yang namanya tradisi, pasti tidak ada kaitannya dengan Ibadah Mahdhoh "Ibadah yang tidak sanggup dirubah", melainkan dibeberapa tempat, waktu pelaksanaan tradisi ini berbeda-beda.

Disisi lain, beberapa orang ada yang bersikukuh menayatkan ziarah makam, utamanya makam Rasulullah saw, tidak diperbolehkan.

Dengan perilaku fanatisknya, sebagian kerabat kita itu beralasan bahwa peraktik ziarah kubur yakni bid'ah sesat yang mesti dihindari, dan sering memicu "syirik".

Menyikapi banyak sekali macam tuduhan, dan perilaku fanatisme tersebut, Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki mengarang tiga kitab yang menerangkan wacana Ziarah Makam, khususnya Makam Rasulullah saw.

Berikut ini ketiga kitab tersebut :

1. Ziarah Makam Nabi, antara Bid'ah dan Syariat

Kitab ini memiliki nama asli, al-Ziarah al-Nabaiwiyah Baina al-Bid'ati wa al-Syari'ati. berisikan 205 halaman, dengan klarifikasi yang lugas dan tegas, dibarengi dengan alasan dari dalil al-Quran, al-Hadith dan saran para ulama. 

Apakah anda tertarik? silahkan download pada link berikut ini :

2. Ziarah Makam Nabi, dalam Cahaya Kitab dan Hadith

Kitab ini memiliki nama Asli al-Ziarah al-Nabawiyah Fi Dhau'i al-Kitab wa al-Sunnah. Terdiri dari 227 Halaman.

Yang menarik, dalam mukaddimah kitab ini, penulis yang juga pengarang Kitab Muhammad Insan Kamil ini memaparkan pembicaraan antara Imam Malik dan Abu Ja'fa al-Manshur, saat mereka berdua sedang berdialog di Masjid Madinah.

Imam Malik menegur khalifah tersebut, dengan menyampaikan "wahai Amir Mukminin, jangan engkau mengangkat suaramu di Masjid ini [jangan berisik], sebab Allah swt mendelegasikan kita untuk menggunakan adat dihadapan Rasulullah saw.

Silahkan download kitabnya pada link berikut ini :

3. Obat Hati, dengan Ziarah ke Makam Paling Baiknya Hamba

Kitab ini sesungguhnya tidak jauh berlainan dengan dua kitab sebelumnya, memiliki nama orisinil Syifa'u al-Fu'ad Bi Ziarati Khairi al-'Ibad.

Kitab ini mengupas secara tuntas nilai yang hendak didapat bagi orang yang berziarah ke Makam Rasulullah saw, dan klarifikasi yang lainnya.

Apakah anda kesengsem memiliki kitab ini? silahkan download pada link berikut ini :


Demikian isu tentang Tiga Kitab Tentang Ziarah Makam Nabi, Karya Sayyid Muhammad Bin Alawi al-Maliki, supaya ketiga kitab itu sanggup bermanfaat, dan memunculkan kita lebih percaya wacana dalil ziarah makam, khususnya Makam Rasulullah saw.