Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Langkah Yang Perlu Diperhatikan, Bagi Anda Yang Ingin Memulai Bisnis Kedai Kopi

AntariMedia.com - Indonesia duduki peringkat keempat sebagai penghasil kopi dunia berdasarkan survei FAOSTAT PBB. Meskipun begitu, ternyata angka konsumsi kopi masyarakat Indonesia justru cuma 0,5 kg per kapita, masih sangat jauh kalau bila dibandingkan dengan Finlandia yang berada pada peringkat pertama (12 kg per kapita). Tentunya ini merupakan kesempatan bisnis yang sangat menarik bagi penggagas bisnis Indonesia, terutama pada bisnis kedai kopi.


Dibarengi dengan minat dari generasi millennial yang beranggapan bila minum kopi ialah sebuah culture kekinian, bisnis kedai kopi memang terdengar cukup menggiurkan. Akan tetapi, mendirikan sebuah kedai kopi juga perlu diimbangi dengan pertimbangan penting supaya sanggup meraih kesuksesan. Seandainya Anda memang tertarik dalam berbisnis kedai kopi, Anda sanggup menyimak langkah-langkah berikut ini.

1. Mematangkan kegiatan Anda

Sebelum mengawali bisnis kedai kopi, Anda  diwajibkan untuk meyakinkan diri sendiri, benarkah bisnis ini yang Anda inginkan? Mampukah Anda melakukan bisnis ini? Jangan dikarenakan membuka kedai kopi menjadi bisnis yang sedang menjamur, akibatnya Anda jadi turut ikutan-ikutan mendirikan bisnis hal yang demikian. Ingat, sebuah bisnis yang mencontoh popularitas usianya tak akan panjang alasannya ialah popularitas terus berubah.

Sesudah Anda yakin bahwa bisnis warung kopi ialah kesempatan perjuangan yang pas, Anda sanggup mengawali untuk merumuskan kegiatan bisnis warkop Anda. Untuk hal ini Anda juga perlu mempelajari seluk beluk mengenai bisnis kedai kopi, bagaimana wujud kedai yang Anda inginkan, siapa sasaran pasarnya, menyerupai apa sih kompetitor bisnis Anda nantinya, jadi perlu dipelajari juga bagaimana mengatasi permasalahan yang mungkin timbul nantinya.

2. Menentukan konsep yang pas

Dalam perjuangan kedai kopi, tak cuma rasa kopi yang dipasarkan, tetapi juga suasana serta konsep, secara khusus kalau Anda mempunyai sasaran pasar untuk bawah umur muda. Tidak adanya konsep yang pas, maka Anda akan susah memasarkan bisnis kopi Anda terhadap pasar. Anda sanggup mengawalinya dengan mempelajari sasaran pasar Anda, apa yang sedang mereka minati, dan berfikir juga apa yang mereka senangi.

Konsep yang matang juga sanggup menolong Anda untuk mendesain bentuk dan interior kedai Anda nantinya. Seandainya Anda mempunyai desain yang pas, maka Anda sanggup menghemat waktu serta budget Anda.

3. Memanfaatkan software POS dan akuntansi

Disaat Anda mau mendirikan bisnis apa saja, Anda perlu membentuk keuangan bisnis Anda dengan teratur. Tidak peduli bisnis Anda masih seumur jagung, Anda niscaya butuh seseorang yang mahir dalam hal keuangan. Tujuannya tidak lain yakni guna menghindarkan bisnis Anda dari beraneka resiko yang akan timbul di masa depan. Demikian pula ketika Anda mendirikan bisnis warung kopi.

Akan tetapi, tak sanggup dipungkiri bila merekrut akuntan akan memerlukan tarif yang tak sedikit. Maka dari itu, sebagai gantinya, Anda sanggup memanfaatkan software akuntansi yang sudah terintegrasi dengan metode point of sales (POS) menyerupai Sleekr Accounting. Dengan semacam ini, tiap transaksi yang terjadi menerapkan POS pada bisnis warkop akan eksklusif tercatat dan direkap pada software akuntansi. Dipastikan ini akan mempermudah Anda dalam membentuk berjenis-jenis data keuangan menyerupai arus kas dan neraca. Ketika metode POS juga sanggup terhubung dengan data inventori bisnis.

4. Perluas koneksi

Dikala merancang konsep warung kopi Anda, pastinya sudah terbayang di benak Anda siapa saja kiranya yang akan tiba ke sana. Tapi, apakah terpikir juga di benak Anda bagaimana caranya supaya orang-orang yang menjadi sasaran Anda benar-benar tiba ke kedai Anda. Itulah alasan kenapa diharapkan jaringan koneksi yang luas.

Guna mendapatkan koneksi yang luas, Anda sanggup mengawali dari kerabat maupun rekan Anda. Tetapi, bila anda ingin mempunyai koneksi yang lebih “terkonsep” dengan baik, Anda sanggup bergabung dengan asosiasi bisnis lokal atau kelompok sosial yang acap kali memanfaatkan warkop atau kedai. Hal ini juga sanggup menolong pemasaran Anda nantinya.

5. Memperhatikan sajian dan mutu minuman

Bisnis warung kopi tanpa adanya sajian yang menarik tentunya akan menjadi dingin juga alasannya ialah yang Anda jual ialah kopi. Oleh alasannya ialah itu, pastikan sajian makanan dan minuman yang Anda sajikan mempunyai mutu bagus. Sebagai awal, Anda sanggup melihat sajian yang dipasarkan para tentangan atau melakukan riset ke sasaran audiens. Seandainya telah memutuskan menu, giatlah mencari bahan-bahan terbaik supaya hasil minuman nanti sanggup elok pula.

Dengan memutuskan menu, Anda juga sanggup memutuskan kelengkapan apa yang Anda butuhkan nantinya serta bagaimana tata ruang kedai Anda. Disamping itu, membentuk sajian juga akan menolong Anda untuk menemukan vendor serta supplier yang pas.

6.) Menentukan konsep pemasaran

Di sinilah sajian yang menarik sanggup menolong Anda melangsungkan pemasaran sehingga pengunjung menjadi tertarik untuk datang. Kecuali menu, masih ada macam metode lain yang sanggup Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis kedai Anda. Salah satunya lewat interior yang memanjakan mata dan Instagram-worthy. Pastikan perabotan dan warna dinding tampak selaras sehingga mewujudkan ambience yang nyaman. Lalu, Anda sanggup memfoto berjenis-jenis sisi interior kedai kemudian menguploadnya ke akun Instagram. Kecuali, jangan lupa juga foto sebagian sajian andalan Anda.

Guna mempertahankan loyalitas pelanggan, adakan kontes atau kegiatan reward yang menarik, meminta pelanggan Anda untuk follow akun Instagram bisnis kedai anda. Sebagai reward, mereka sanggup mendapatkan kopi free atau diskon khusus. Selain itu Anda juga sanggup berprofesi sama dengan sebagian kelompok sosial di tempat tinggal Anda. Tunjukkan bahwa kedai Anda amat terbuka kalau mereka berkeinginan mengadakan kegiatan kelompok sosial. Dengan semacam ini, bisnis Kedai Anda niscaya akan ramai.

Jadi, sekarang Anda telah siap mengawali bisnis kedai idaman anda. Semoga enam langkah di atas sanggup membantu Anda untuk menyebarkan bisnis kedai. Selamat mencoba, semoga berhasil, dan sukses selalu.