Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merubah Ukuran Grid Icon Samsung Tanpa Root

Seiring berjalannya waktu kini, customisasi di rom bawaan android mengalami banyak perubahan. Awalnya hanya dapat merubah wallpaper sekarang sudah tidak mengecewakan banyak yang yang dapat di ubah. Dari mulai wallpaper, tema, ukuran icon, gaya font, hingga kisi-kisi layar atau grid yang akan aku bahas di postingan kali ini.

Banyak cara untuk merubah ukuran grid di layar home screen android. Salah satu yang paling gampang dapat dengan launcher yang banyak tersedia di play store. Contoh yang paling gampang untuk merubah grid dengan memakai nova launcher. kita dapat merubah grid maksimal 12X12 di home screen dan app drawer. Bisa juga dengan memodifikasi launcher bawaan yang memerlukan susukan root. Tergantung kita mau pilih yang mana. Suka yang simple kita tinggal dapat memakai launcher, atau yang gemar modd niscaya akan menentukan cara yang kedua.

Tanpa kedua cara diatas pun sebetulnya kita sudah dapat merubah ukuran grid icon, sebab beberapa brand menyerupai sony, dan xiaomi sudah menyediakannya. Begitu juga halnya samsung yang mempunyai ukuran grid yang dapat di ubah-ubah. 4X4, 4X5, 5X5 di home screen, dan, 4X5 5X5 di App drawer.

Ternyata ukuran tersebut masih dapat di ubah lagi menjadi lebih kecil dan lebih rapat. Uniknya lagi tanpa perlu susukan root sama sekali. Kita dapat merubah grid icon menjadi dua jenis. Yang pertama infinity display mode, dan tab mode Namun cara ini tampaknya hanya berjalan di samsung experience 8.0 atau OS Nougat.

Pertama Infinity display mode. Saya sebut saja infinity display mode sebab ukuran grid di app drawer akan menjadi 4X6, menyerupai di layar S9. Tapi sebelum merubah merubahnya, aktifkan dulu mode pengempang (developer option) di pengaturan. Caranya buka pengaturan, ihwal ponsel, isu perangkat lunak, nomor versi (build nomor) tekan berulang-ulang hingga aktif. Jika sudah eksklusif buka mode pengembangnya (developer option), scroll ke bawah cari lebar minimum (minimum width) lalu ubah angkanya ke 451. Otomatis grid akan berubah. 4X5, 4X6, 5X5 untuk home screen, 4X6 app drawernya.

Selanjutnya mode ke dua menyerupai tampilan tablet. Dengan mode ini seperti kita sedang memegang tablet versi mini. Caranya sama. Masuk ke mode pengembang, cari lebar minimum ubah ke 511. Contoh realnya ada di video di bawah ini.


Untuk mengembalikan menyerupai semula cukup mudah. Kembali ke pengaturan, pilih mode pengengbang lagi, ubah lebar minimum ke 411 atau dapat 360. Kalau merasa belum pas besarkan dulu ukuran ikon dari pengaturan tampilan, pembesaran layar dan font. Contohnya menyerupai gambar di bawah ini.


Kira-kira menyerupai itu ihwal cara merubah ukuran grid icon di ponsel samsung.


Related Post :