Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapakah Sahabat yang Menemani Hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib ?

Siapakah Sahabat Nabi yang Menemani Hijrah ke Yatsrib Siapakah Sahabat yang Menemani Hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib ?

Assalaamu‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Beberapa hari yang lalu saya membaca artikel di buletin masjid tentang kisah perjuangan hijrah Rasulullah Saw. Sebelumnya saya juga mendengar dari penceramah khutbah jumat di masjid kampung yang tema-nya juga tentang hijrah dari Makkah ke Yatsrib. Yang saya tanyakan, Yatsrib itu dimana sekarang? Lantas dengan sahabat siapa Rasulullah Saw. itu hijrah? Terima kasih atas penjelasannya, ya Pak.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Meningkatkan ilmu tentang agama Islam mesti terus dilakukan. Menuntut ilmu tidak ada batas akhirnya selama kita masih hidup di dunia ini. Bila ada kesempatan, kita langsung bisa memanfaatkannya untuk kebaikan dengan menambah ilmu. Salah satu ilmu yang penuh dengan hikmah ialah sejarah Rasul dan para sahabat yang mulia. Berkenaan dengan pertanyaan Anda tentang kota Yatsrib itu dimana sekarang? Bahwasannya yatsrib itu ya Madinah sekarang ini. Dahulu Madinah namanya Kota Yatsrib. Mengenai sejarah penamaan  Yatsrib ini, para ulama mengatakan bahwa nama itu diambil dari nama orang yang pertama kali membuka kota tersebut serta sebagai penghuni awal di sana.  Kemudian diubah namanya menjadi Madinah oleh Rasulullah Saw. Kata "Madinah" memiliki arti "kota". Nama inilah yang sampai sekarang digunakan. Salah satu alasannya karena kata "Yatsrib" diambil dari kata bahasa Arab : "tatsrib" artinya cercaan atau ejekan. Kata tersebut terdapat dalam Al-Quran Surat Yusuf ayat 92. Tatkala Nabi Muhammad Saw. berhijrah dari Makkah ke Yatsrib, beliau tidak sendirian. Beliau Saw. di dampingi oleh sahabat setianya yaitu Abu Bakar Ash-Shidiq ra. Yang kelak ia menjadi khalifah setelah Rasulullah Saw. wafat. Wallahu'alam.