Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Aliansi Dan Bentuknya Dalam Bidang Pemasaran

Pengertian Aliansi Dan Bentuknya dalam bidang Pemasaran. Pada prinsipnya, aliansi dilakukan oleh perusahaan untuk saling mengembangkan biaya, resiko dan manfaat. Aliansi pada umumnya terjadi pada rentang waktu tertentu, selain itu pihak yang melaksanakan aliansi bukanlah pesaing langsung, namun mempunyai kesamaan produk atau layanan yang ditujukan untuk sasaran yang sama. Dengan melaksanakan aliansi, maka pihak-pihak yang terkait haruslah menghasilkan sesuatu yang lebih baik melalui sebuah transaksi. Berikut ialah klarifikasi seputar pengertian Aliansi serta bentuk aliansi dalam bidang pemasaran.

Pengertian Aliansi Dan Bentuknya dalam bidang Pemasaran Pengertian Aliansi Dan Bentuknya dalam bidang Pemasaran


Definisi Aliansi

Menurut Lambe, Spekman, dan Hunt (2002), aliansi ialah suatu perjuangan kolaboratif antara dua atau lebih perusahaan, mereka menyatukan sumber daya masing-masing untuk mencapai tujuan bersama yang tidak sanggup dicapai dengan gampang apabila dilakukan sendiri.

Menurut Hutt (2000:1), Aliansi sebagai taktik utama yang banyak dipakai oleh banyak sekali perusahaan kecil, menengah maupun besar ketika ini. Kerjasama aliansi ini mempunyai kegunaan bagi perusahaan untuk memperoleh kompetensi baru, melindungi keunggulan sumber daya yang dimiliki perusahaan maupun memperkecil resiko usaha.

Menurut Griffiths dan Terry, aliansi ialah merupakan suatu janji antara dua atau lebih negara untuk berhubungan dalam dilema keamanan secara timbal balik. Artinya, aliansi merupakan kesepakatan, baik formal atau non-formal, dalam konteks keamanan dan pertahanan semoga sanggup mempertahankan diri dari bahaya negara lain.
Menurut Elmuti dan Kathawala dalam Handoko (2008:54), aliansi ialah kerjasama (partnerships) antara dua atau lebih perusahaan atau unit bisnis yang berhubungan untuk mencapai tujuan yang signifikan secara strategis yang saling menguntungkan.

Menurut Rich (2003), aliansi ialah kekerabatan kooperatif antara dua atau lebih organisasi independen, untuk mencapai tujuan laba bisnis bersama selama aliansi tersebut secara hemat memungkinkan.

Bentuk Aliansi Dalam bidang pemasaran

  1. Aliansi produk atau pelayanan, dimana dua atau lebih perusahaan memasarkan masing-masing produknya yang saling melengkapi atau suatu produk baru.
  2. Aliansi promosi, suatu perusahaan baiklah untuk melaksanakan promosi produk atau jasa perusahaan lain.
  3. Aliansi logistik, dalam hal ini suatu perusahaan baiklah untuk menunjukkan derma logistik untuk perusahaan lain.
  4. Kolaborasi harga, dimana dua atau lebih perusahaan turut serta dalam kerja sama harga khusus dan ini biasanya pada jaringan perhotelan atau supermarket.

Sumber http://seputarpengertian.blogspot.com/